Dinas Kominfosandi Mamuju Tengah Gelar Sosialisasi dan Bimtek

Mamuju Tengah – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (KOMINFOSANDI) gelar Sosialisasi dan Bimtek wilayah lemah signal dan blank spot dengan menggunakan aplikasi sigmon di aula kantor Bupati Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat, yang dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesejahtraan Rakyat ( Mahyuddin, S. Ag., M. Pd.), Kepala Dinas Kominfosandi (Dr. Ishaq Yunus, S.IP, M.AP), Kabid Informatika, dan seluruh Camat serta Kepala Desa se-Kabupaten Mamuju Tengah. Selasa, ( 6/8/2024). Mahyuddin Mewakili Wakil Bupati Mamuju Tengah menyanpaikan bahwa sosialisasi ini merupakan salah satu tindaklanjut untuk mengenalkan kepada desa khususnya para kepala desa tentang pentingnya jaringan internet di desa khususnya wilayah yang mengalami lemah signal blank spot area. Diharapkan dengan bisa terbangunnya jaringan internet bisa mendongkrak PAD desa melalui bumdes. Selain itu jaringan internet di pedesaan, akan meningkatkan pengelolaan dan pemberdayaan informasi melalui kelompok informasi masyarakat (KIM) untuk menuju desa broadband terpadu. “saya berharap dengan terbangunnya jaringan internet di seluruh pelosok desa Kabupaten Mamuju Tengah dapat mempermudah semua akses terutama akses informasi sehingga dapat meningkatkan pengetahuan akan internet desa. Disamping itu dengan kehadiran internet desa mampu memperkenalkan potensi desa, baik produk-produk unggulan dan lainnya. Untuk itu saat ini masalah jaringan lemah signal dan blankspot memang tidaklah mudah untuk diselesaikan, namun pemerintah yakin dan optimis dengan adanya sinergi antara pemerintah pisat pemerintah daerah, penyelenggaraan telekomunikasi dan penyedia infrastrutur telekomunikasi dalam mendukung perluasan dan peningkatan layanan internet di seluruh wilayah indonesia, maka tujuan penuntasan wilayah blankspot layanan internet di seleruh indonesia dapat tercapai. Seiring dengan ini saya berharap agar selaku pemangku kepentingan yakni seluruh perangkat daerah (kecamatan dan desa) di lingkup Kabupaten Mamuju Tengah agar terus membangun solidaritas dan sinergitas dalam memberikan data-data desa yang valid, akurat dan akuntabel dengan menggunakan Aplikasi Sigmon, untuk mendukung terwujudnya Kabupaten mamuju tengah yang wilayahnya tercoverage jaringan internet sehingga untuk mewujudkan desa digitalisasi dapat terlaksana dengan baik

Ditempat yang sama Kadis Kominfopers Mamuju Tengah, Dr. Ishaq Yunus mengatakan Sigmon merupakan aplikasi pengukur kecepatan konektivitas yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. “ Masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi SIGMON untuk melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di lokasi mereka berada, “ jelas Ishaq Yunus. Dinas Kominfo Mamuju Tengah berharap masyarakat ikut memantau konektivitas menggunakan aplikasi tersebut guna membantu menjaga kualitas layanan telekomunikasi.

kominfopers.mamujutengah

Selamat atas diluncurkannya sistem Open Data Kabupaten Mamuju Tengah

Kunjungi

Anda bisa mencari data berdasarkan kategori dataset, Organisasi Perangkat Daerah, atau bahkan mencari sebuah infografis. Open Data juga menyediakan data yang dikelompokkan dalam grup tematik yang bevariasi.